Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Artikel "Waktu"


Tepat Waktu untuk Hidup Lebih “Tepat”
Oleh: Tri Maryati
Mahasiswi IAIN Walisongo Semarang

Sudah sering terdengar atau bahkan pernah mengalaminya sendiri dalam hal ketidaktepatan dalam merencanakan sesuatu sering kali terbengkalai akan kelalaian dalam mengatur waktu. Memanage waktu dalam menghindari hal-hal yang dirasa kurang bermakna itu merupakan sebagian cara untuk menghemat dan lebih menghargai waktu. Seperti halnya ketepatan waktu dalam menyelesaikan berbagai rencana atau rancangan-rancangan dalam suatu pekerjaan. Hal seperti ini yang sering membuat sebagian banyak orang selalu dalam kelalaian dalam membuang-buang waktu dan terbuai akan peluang-peluang waktu. Teramat disayangkan apabila waktu terbatas yang kita miliki ini dihabiskan secara sisi-sia tanpa makna apa pun. Hal demikian perlu dihindari demi ketepatan suatu rancangan hidup yang sudah menjadi rencana awal.
Dengan menyia-nyiakan waktu sama halnya dengan membuang kesempatan yang ada. Sekali membiarkannya lewat, maka jangan berharap akan kembali. Salah satu contoh yang menjadi penyakit sabagian banyak orang yaitu dengan menunda-nunda suatu pekerjaan. Menunda merupakan kebiasaan buruk seseorang yang tidak cepat melakukan pekerjaan. Hasilnya, pekerjaan yang dilakukan tidak bisa selesai tepat waktu, dengan demikaian kendala yang dialami akan mempengaruhi hasil pekerjaan itu sendiri, seperti adanya ketidak maksimalan, ketidak sesuaian hasil pekerjaan yang diharapkan karena akibat terbengkalainya waktu dengan menunda-nunda suatu yang harus dikerjakan. Dengan itu, hidup menjadi terkesan kurang berkualitas karena semua hal tidak dikerjakan secara maksimal.
Dengan demikian hal yang lebih perlu ditekankan yaitu dengan memanfaatkan waktu sesuai dengan kebutuhan serta pintar-pintar bagaimana dalam membagi waktu. Dengan lebih pandai-pandai memilih dan memilah hal-hal apakah yang dilakukan itu memiliki pengaruh dalam hidup kita ataukah hanya sekedar bersifat sia-sia dan membuang-buang kesempatan yang ada. Selain itu, haruslah selalu berpandangan bahwa semua pekerjaan itu harus diselesaikan dengan baik dan disesuaikan dengan waktu yang telah tersedia dengan tidak menunda-nunda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar